Sabtu, 30 Oktober 2010

Ide Pembelajaran Komunikasi (English)

Lesson

1. Uncle Bob's Hamster

Mata ajar : Bahasa Inggris
Judul : Uncle Bob’s Hamster
Unsur kebahasaan: penggunaan adjectives/kosakata
Ketrampilan : berbicara/menulis
Lingkup kebahasaan: binatang

Katakan pada siswa, bahwa Anda mempunyai seorang paman yang bernama Bob. Paman Bob memiliki seekor hamster. Siswa diminta mendiskripsikan hamster tersebut dengan cara menulis kalimat dengan menggunkana kata sifat yang paling cocok. Boleh menghadirkan seekor hamster ke kelas agar lebih kontekstual. Tantangan dapat ditambah dengan cara mengatakan pada siswa, bahwa huruf pertama dari tiap kata sifat harus berbeda dan mengikuti alphabet.

Tulis kalimat pertama: Uncle Bob’s hamster is angry di papan tulis.

Tunjukkan kata angry dimulai dari a, seterusnya siswa bergiliran mencari kata sifat yang sesuai.

Uncle Bob’s hamster is big
, cute,dan seterusnya. Tentukan batasan waktu agar siswa dapat menjawab dengan cepat.

Kegiatan ini dapat dipermudah dengan menyediakan daftar kata sifat tapi tidak ditulis secara urut abjad. TG

2. PASS the BALL
Unsur kebahasaan: tata bahasa/kosakata
Ketrampilan : berbicara
Media : tape recorder, kaset, bola.

Cara bermain:
1.Mainkan musik
2.Siswa mengoper bola kepada siswa sebelahnya. Bisa dalam lingkaran atau tetap di bangku duduk.
3.Ketika musik berhenti, siswa yang memegang bola harus menjawab pertanyaan atau berbicara tentang sebuah gambar
4.Jika siswa tak ingin manjawab, katakan ‘pass’
5.Ketika musik mulai lagi, bola terus diputar
6.Sesekali bisa katakan ‘change/ganti’. Bila akan berputar arah

Guru bisa mengajarkan ‘benda-benda di sekitar sekolah’ (things around the school). Tunjukkan beberapa gambar sekolah lengkap dengan ruangan dan benda-benda yang relevan. Kelas dapat dibagi dalam beberapa kelompok, agar semua mendapat giliran lebih banyak.TG

Sumber:
Asyik Belajar dengan PAKEM Bahasa Inggris. UNICEF.

Ide Pembelajaran Komunikasi (Englis)

Lesson

1. Uncle Bob's Hamster


Mata ajar : Bahasa Inggris
Judul : Uncle Bob’s Hamster
Unsur kebahasaan: penggunaan adjectives/kosakata
Ketrampilan : berbicara/menulis
Lingkup kebahasaan: binatang

Katakan pada siswa, bahwa Anda mempunyai seorang paman yang bernama Bob. Paman Bob memiliki seekor hamster. Siswa diminta mendiskripsikan hamster tersebut dengan cara menulis kalimat dengan menggunkana kata sifat yang paling cocok. Boleh menghadirkan seekor hamster ke kelas agar lebih kontekstual. Tantangan dapat ditambah dengan cara mengatakan pada siswa, bahwa huruf pertama dari tiap kata sifat harus berbeda dan mengikuti alphabet.

Tulis kalimat pertama: Uncle Bob’s hamster is angry di papan tulis.

Tunjukkan kata angry dimulai dari a, seterusnya siswa bergiliran mencari kata sifat yang sesuai.

Uncle Bob’s hamster is big
, cute,dan seterusnya. Tentukan batasan waktu agar siswa dapat menjawab dengan cepat.

Kegiatan ini dapat dipermudah dengan menyediakan daftar kata sifat tapi tidak ditulis secara urut abjad. TG

PASS the BALL


Unsur kebahasaan: tata bahasa/kosakata
Ketrampilan : berbicara
Media : tape recorder, kaset, bola.

Cara bermain:
1.Mainkan musik
2.Siswa mengoper bola kepada siswa sebelahnya. Bisa dalam lingkaran atau tetap di bangku duduk.
3.Ketika musik berhenti, siswa yang memegang bola harus menjawab pertanyaan atau berbicara tentang sebuah gambar
4.Jika siswa tak ingin manjawab, katakan ‘pass’
5.Ketika musik mulai lagi, bola terus diputar
6.Sesekali bisa katakan ‘change/ganti’. Bila akan berputar arah

Guru bisa mengajarkan ‘benda-benda di sekitar sekolah’ (things around the school). Tunjukkan beberapa gambar sekolah lengkap dengan ruangan dan benda-benda yang relevan. Kelas dapat dibagi dalam beberapa kelompok, agar semua mendapat giliran lebih banyak.TG

Sumber:
Asyik Belajar dengan PAKEM Bahasa Inggris. UNICEF.